Berita

Lembaga Hukum Tertinggi Turki Menetapkan Hagia Sophia Sebagai Masjid

Published

Lembaga Hukum Tertinggi Turki Menetapkan Hagia Sophia Sebagai MasjidTak lama setelah keputusan itu, Presiden Erdogan menandatangani sebuah dekrit yang membuka Hagia Sophia di Istanbul sebagai Masjid dan memindahkan...

Tak lama setelah keputusan itu, Presiden Erdogan menandatangani sebuah dekrit yang membuka Hagia Sophia di Istanbul sebagai Masjid dan memindahkan ke direktorat urusan agama.

Pengadilan administrasi utama Turki telah memutuskan bahwa konversi Hagia Sophia menjadi museum pada tahun 1934 adalah ilegal, membuka jalan bagi monumen untuk dibuka kembali sebagai Masjid.

Kasus ini dibawa oleh sebuah LSM Turki yang meminta pembatalan keputusan untuk mengubah Hagia Sophia menjadi museum setelah hampir 500 tahun sebelumnya sempat menjadi Masjid, sebuah langkah yang didukung oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Tak lama setelah keputusan itu, Erdogan menandatangani sebuah dekrit untuk mengubah Hagia Sophia menjadi Masjid di Istanbul.

Erdogan berbagi di Twitter-nya sebuah salinan surat keputusan yang dia tandatangani yang mengatakan keputusan telah diambil untuk menyerahkan kendali atas Masjid Ayasofya, seperti yang dikenal di Turki, kepada direktorat agama negara itu dan membukanya kembali untuk Sholat berjama’ah.

Prev1 of 4