Khazanah

Gus Baha’, Latihan Mati Terbaik Adalah Saat Tidur

Published

Gus Baha’, Latihan Mati Terbaik Adalah Saat TidurCeramah Gus Baha' (KH. Bahauddin Nursalim) di Masjid Agung Demak, 15 Nopember 2019. Dalam kajian kali ini, Gus Baha membahas...
Sumber Video

Ceramah Gus Baha’ (KH. Bahauddin Nursalim) di Masjid Agung Demak, 15 Nopember 2019. Dalam kajian kali ini, Gus Baha membahas tentang tidur kita yang lemah lunglai tak bisa apa-apa.

Ketika musuh marah, misalnya, dia bisa membunuh sewaktu kita tidur. Tidur adalah latihan/pemanasan mati. Untuk itu, ada banyak doa dan wirid yang sebaiknya dibaca sebelum kita tidur.

Doa Mohon Tambah Kebaikan:

اَللَّـهُـَّم أَصْلِحْ لِي دِينِي الّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي، وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الّتِي فِيهَا مَعَاشِي، وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الّتِي فِيهَا مَعَادِي، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Allāhumma ashlih lī dīnī alladzī huwa ‘ishmatu amri, wa ashlih lī dunyaya allati fieha ma’āsyi, wa ashlih lī ākhiratī allati fiehā ma’ādi, waj’alil hayāta ziyādatan lī fī kulli khairin, waj’alil mauta rāhatan lī min kulli syarrin.

”Ya Allah, perbaikilah urusan agamaku, yang menjadi pedoman semua perkaraku. Perbaikilah urusan duniaku, yang menjadi tempat hidupku. Perbaikilah akhiratku, yang di sanalah menjadi tempatku kembali. Jadikanlah hidup ini sebagai tambahan setiap kebaikan bagiku dan jadikanlah kematian sebagai sebuah terhentinya setiap keburukan bagiku.”

(HR. Muslim, No. 2720).

Sumber: NU Online