Artikel

Lockdown Bisa sangat Berbahaya, Hati-Hati Penunggang Gelap

Published

Lockdown Bisa sangat Berbahaya, Hati-Hati Penunggang GelapLockdown Bisa sangat Berbahaya Ini seolah menjadi buah simalakama yang teramat sulit untuk memilihnya. Jelas Lockdown adalah salah satu langkah...

Lockdown Bisa sangat Berbahaya

Ini seolah menjadi buah simalakama yang teramat sulit untuk memilihnya. Jelas Lockdown adalah salah satu langkah yang sangat memungkinkan untuk memutus  rantai penyebaran pandemi seperti Covid-19. Namun, tidak semudah itu dalam pengelolaaanya. Dampaknya pun berbahaya dan tidak akan main-main.

Pertama, Lockdown berarti harus mengerahkan kekuatan besar untuk mencegah pergerakan orang. Untuk tipe kita-kita di Indonesia yang cenderung abai terhadap aturan, pelanggaran jelas sangat mungkin terjadi dimanapun. Itu berarti harus menerjunkan ekkuatan pertahanan dan keamanan yang sangat besar. Hal ini, jelas kemungkinan besar akan terjadi benturan langsung antara aparat dengan masyarakat.

Kedua, Lockdown pasti akan terjadi panic-buying. Ini pasti akan terjadi dan jelas akan sangat rawan terjadinya penjarahan di mana-mana.

Ketiga, Lockdown akan memicu rush. Kalau ini terjadi maka likuiditas akan runtuh. Thus, itu berarti bencana ekonomi yang mengerikan pada kondisi Indonesia yang sedang terseok dihajar ekonominya akibat epidemi Covid-19.

Keempat, ekonomi jelas pasti macet total. Produksi, aliran dan pasokan komoditas akan berhenti nyaris total. Ketika salah satu pilar utama dalam pertahanan ekonomi macet total, maka pertahanan negara secara keseluruhan juga akan sangat lemah.

Kelima, pasti ada kelompok yang akan memanfaatkan untuk membuat kekisruhan dikala Lockdown diberlakukan. Kalau melihat di media-media sosial, kelompok-kelompok tersebut kemungkinan adalah yang paling getol menggaungkan Lockdown. 

Prev1 of 3